Selasa, 16 Juni 2020


  Resume Kuliah Menulis Online pertemuan ke-7








Hari, tanggal  : Senin, 15 Juni 2020
Pukul             : 19.00 s.d 21.00
Pemateri        : Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.
Materi            : Sharring Sang Blogger


Penulis            : Arum Handayani



Pelatihan menulis malam ini bersama narasumber muda belia. Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Sering disebut pak Brian. Beliau dilahirkan di Jakarta, 30 Juni 1992. Pendidikan S1 PGSD, bekerja sebagai guru SD, dan saat ini bertempat tinggal di Bekasi.

Selain mengajar, aktivitas lainnya yaitu ngeblog dan menulis buku. Beberapa artikel sudah dimuat di media cetak. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2009. Pantaslah jika beliau dinamakan sebagai guru besar blog.

Sempat tercengang melihat identitas pa Brian ini. Luar biasa, di usia muda sudah banyak menghasilkan karya. Satu kata untuk pak Brian. Wow! Sikap pak Brian yang saya kagumi, beliau tetap rendah hati. Tidak bermaksud untuk menggurui namun mengajak berbagi ilmu.

Yang dibahas oleh pak Brian pada pelatihan ini adalah berbagi kisahnya sebagai blogger. Beliau ngeblog di blogger.com. Secara teknis masalah teori kepenulisan beliau tidak membahas lebih mendetail. Baerawal sebagai peserta di pelatihan ini, akhirnya beliau tergerak untuk membantu peserta lainnya dalam mengelola blog. Mengapa ingin membantu, karena beliau merasa khawatir pada peserta yang menganggap blog itu sulit, akan meninggalkan blog.

Materi diawali dengan paparan artikel yang ditulis di http://www.praszetyawan.com/2020/06/menjaga-konsistensi-ngeblog-11-tahun.html. Peserta diberi waktu lima menit untuk membacanya.  Simpulan artikel itu adalah bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog. Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap.

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurutnya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Prinsipnya, hal biasa yang kita lakukan atau alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman atau aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Blogger vs Wordpress. Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa hehehe. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurutnya, tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjek.

Teknis penggunaan blogger. Seperti yang sudah disampaikan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Beliau  sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri kepadanya. Mengapa sebaiknya japri ? Karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya, sehingga dia  sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. 
Ini adalah buku solo karya Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.

   Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana.

Dalam waktu dekat buku solo ketiganya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu dibuat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Simpulan materi dari Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. adalah, menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung. Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak. Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah



Salam literasi! (arumliterat.blogspot.com)




5 komentar:

  1. wow....keren posan bisaan bu ketu mah, Subang Jawara!

    BalasHapus
  2. Bahasanya jelas dan mudah dipahami...
    Sy akan mencoba belajar seperti ini
    Terima kasih ibu 🙏

    BalasHapus
  3. Mantap resumenya. Maaf saya baru sempat berkunjung. Semoga tetap semangat ngeblog !

    BalasHapus

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...