Senin, 22 Juni 2020

Tiga Salah Paham Guru Mengenai Kegiatan Penelitian



3 Salah Paham Guru mengenai Kegiatan Penelitian.

Dunia pendidikan saat ini dihadapkan pada tantangan berat. Dilema pilihan terkait proses kegiatan belajar mengajar. Satu sisi proses kegiatan KBM harus berjalan normal. Namun, di sisi lain kenormalan harus disertai protokol kesehatan.

Berdasarkan kenyataan itu, sangat diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalan tersebut. Strategi pembelajaran seperti apa yang mangkus dan sangkil untuk menghadapi pembelajaran dalam situasi pandemi Covid -19?

Untuk menjawab permasalahan tersebut, guru dapat melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Hasil PTK tersebut dapat direkomendasikan pada pihak sekolah. Namun sayangnya, tidak semua guru memahami manfaat sebuah penelitian.

Terdapat 3 kesalahpahaman guru mengenai kegiatan penelitian

1.      Penelitian dilakukan untuk persyaratan kenaikan pangkat dan golongan.

Biasanya guru melakukan PTK bertujuan untuk melengkapi berkas kenaikan pangkat atau golongan. Sangat jarang menemukan guru melakukan PTK untuk meningkatkan hasil pembelajaran secara murni. Bahkan, saat ini ada biro jasa pembuatan PTK. Guru tinggal membayar dengan sejumlah uang, maka selesailah PTK.

2.      Penelitian menghabiskan waktu dan biaya

PTK sebenarnya bisa dilakukan sambil menunaikan tugas mengajar sebagai guru. Waktu yang digunakan seiring berjalannya jadwal yang sedang dijalani. Tidak harus menyisihkan waktu khusus, sehingga menggangu pekerjaan pokok. Biaya yang diperlukan bisa mengajukan kepada  kepala sekolah, karena sudah tersedia alokasi untuk peningkatan kinerja guru.

3.      Penelitian bukan tugas guru

Tugas guru di antaranya adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Dari tugas-tugas tersebut tidak ada yang mengarahkan guru harus melakukan penelitian. Maka tugas penelitian tidak dibebankan kepada guru.



Kesalahpahaman ini harus segera ditepis. Karena penelitian bukan hanya sekadar untuk persyaratan kenaika golongan, tetapi untuk meningkatkan hasil belajar. Waktu dan biaya tidak menjadi penghalang sebah penenelitian. Guru yang paham betul tentang proses pembelajaran, maka gurulah yang harus melakukan penelitian.

24 komentar:

  1. Top

    https://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/06/3-manfaat-dari-kegiatan-grup-belajar.html

    BalasHapus
  2. betul eta teh BUketu, aslina selalu gagal paham

    BalasHapus
  3. Semoga guru pembaca tak lagi salah paham...mantabz

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, tulisan nya cukup menarik dan sarat dengan motivasi,benar dan tepat sekali, saat ini guru masih banyak yang belum menyadari bahwa penelitian itu bagian dari proses pembelajaran,ini banyak kita jumpai di kehidupan nyata,pola pikir guru masih banyak yang salah mengenai penelitian, maka dari itu kita wajib'menyebarkan informasi yang sebaiknya mungkin dan sebanyak mungkin tentang penelitian lewat tulisan kita,nah semonga saja tulisan kita bisa merubah pola pikir guru kita atau setidaknya membuat guru menyadari bahwa penelitian itu bagian dari tugas utama guru terima kasih

    BalasHapus
  5. Sepakat bu...tulisan ibu mantap

    BalasHapus
  6. Betul bu arum.... Tugas guru mengajar ,dan ptk bisa dilaksanakan sambil PBM... Hebat

    pbm

    BalasHapus
  7. Mantap Bu Ketu ๐Ÿ‘๐Ÿป jadi termotivasi

    BalasHapus
  8. Padat berisi Bu, mantaap๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...