3 Salah Paham Guru mengenai Kegiatan Penelitian.
Dunia
pendidikan saat ini dihadapkan pada tantangan berat. Dilema pilihan terkait
proses kegiatan belajar mengajar. Satu sisi proses kegiatan KBM harus berjalan
normal. Namun, di sisi lain kenormalan harus disertai protokol kesehatan.
Berdasarkan
kenyataan itu, sangat diperlukan strategi-strategi pembelajaran yang dapat
menyelesaikan permasalan tersebut. Strategi pembelajaran seperti apa yang
mangkus dan sangkil untuk menghadapi pembelajaran dalam situasi pandemi Covid
-19?
Untuk
menjawab permasalahan tersebut, guru dapat melakukan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Hasil PTK tersebut dapat
direkomendasikan pada pihak sekolah. Namun sayangnya, tidak semua guru memahami
manfaat sebuah penelitian.
Terdapat
3 kesalahpahaman guru mengenai kegiatan penelitian
1.
Penelitian
dilakukan untuk persyaratan kenaikan pangkat dan golongan.
Biasanya guru melakukan PTK bertujuan untuk melengkapi berkas kenaikan
pangkat atau golongan. Sangat jarang menemukan guru melakukan PTK untuk
meningkatkan hasil pembelajaran secara murni. Bahkan, saat ini ada biro jasa
pembuatan PTK. Guru tinggal membayar dengan sejumlah uang, maka selesailah PTK.
2.
Penelitian
menghabiskan waktu dan biaya
PTK sebenarnya bisa dilakukan sambil menunaikan tugas mengajar
sebagai guru. Waktu yang digunakan seiring berjalannya jadwal yang sedang
dijalani. Tidak harus menyisihkan waktu khusus, sehingga menggangu pekerjaan
pokok. Biaya yang diperlukan bisa mengajukan kepada kepala sekolah, karena sudah tersedia alokasi
untuk peningkatan kinerja guru.
3.
Penelitian
bukan tugas guru
Tugas guru di antaranya adalah merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi
pembelajaran. Dari tugas-tugas tersebut tidak ada yang mengarahkan guru harus
melakukan penelitian. Maka tugas penelitian tidak dibebankan kepada guru.
Kesalahpahaman ini harus segera
ditepis. Karena penelitian bukan hanya sekadar untuk persyaratan kenaika
golongan, tetapi untuk meningkatkan hasil belajar. Waktu dan biaya tidak
menjadi penghalang sebah penenelitian. Guru yang paham betul tentang proses
pembelajaran, maka gurulah yang harus melakukan penelitian.
Top
BalasHapushttps://suryanmasrin86.blogspot.com/2020/06/3-manfaat-dari-kegiatan-grup-belajar.html
trimakasih bpk
HapusBetul bu setuju
BalasHapussip
Hapusbetul eta teh BUketu, aslina selalu gagal paham
BalasHapusiya, padahal mah ...
HapusTerima kasih. Mantapzzz Bu...
BalasHapustrima kasih bu win
HapusSemoga guru pembaca tak lagi salah paham...mantabz
BalasHapusaamiin
HapusTop isinya
BalasHapustrimakasih bu
HapusAlhamdulillah, tulisan nya cukup menarik dan sarat dengan motivasi,benar dan tepat sekali, saat ini guru masih banyak yang belum menyadari bahwa penelitian itu bagian dari proses pembelajaran,ini banyak kita jumpai di kehidupan nyata,pola pikir guru masih banyak yang salah mengenai penelitian, maka dari itu kita wajib'menyebarkan informasi yang sebaiknya mungkin dan sebanyak mungkin tentang penelitian lewat tulisan kita,nah semonga saja tulisan kita bisa merubah pola pikir guru kita atau setidaknya membuat guru menyadari bahwa penelitian itu bagian dari tugas utama guru terima kasih
BalasHapustrima kasih bu Fat, masukannya
HapusSepakat bu...tulisan ibu mantap
BalasHapustrima kasih
HapusBetul bu arum.... Tugas guru mengajar ,dan ptk bisa dilaksanakan sambil PBM... Hebat
BalasHapuspbm
trimakasih
HapusMantap Bu Ketu ๐๐ป jadi termotivasi
BalasHapusWoww juara nya bu ketu
BalasHapusWoww juara nya bu ketu
BalasHapusmasih belajar ngeblog bu ….
HapusPadat berisi Bu, mantaap๐๐
BalasHapustrimakasih bu prapti
Hapus