Kamis, 18 Juni 2020

Cikgu Tere Peresume Tercepat, Terbaik, dan Terispiratif


Cikgu Tere Peresume Tercepat, Terbaik, dan Terispiratif







Hari, tanggal   : Rabu, 17 Juni 2020
Pukul              : 19.00 s.d 21.00
Pemateri         : Ibu Teresia Sri Rahayu, S.Pd. SD



Pelatihan menulis online malam  ini menghadirkan nara sumber  muda dengan segudang prestasi beliau adalah ibu Teresia Sri Rahayu, S.Pd. Sering dipanggil dengan Cikgu Tere. Lahir di Kuningan pada tanggal 13 September 1984. Bekerja sebagai guru di SD Waihibur-Kabupaten Sumba NTT.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah

1.       Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kab. Bandung Barat (2014)

2.       Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kab. Bandung Barat (2014)

3.       Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kec. Padalarang (2014)

4.       Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018)

5.       Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional (2018)

6.       Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat nasional (2018)

7.       Peserta Short Course ke Luar Negeri dalam Program 1000 Guru ke Luar Negeri (2019)

8.       40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching Challenge (2019)

9.       Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat internasional (2019)

10.   Guru Inti Terbaik dalam Pembekalan Guru Inti Program PKP tingkat Provinsi NTT (2019)

11.   Peserta Terbaik dalam Bimtek UKS Regional Bali

12.   Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019)

13.   Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkat internasional (2019)

14.   Kader Inti Gerakan Ajarmat / Ayo Belajar Matematika (2019)

15.   Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay (2020)

16.   Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta pada bulan (2020)

17.   35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics (2020)



Sebelum memaparkan materi tentang kepenulisan, bu Tere berbegi kisah tentang pengalamannya membuat resume. Sekitar bulan Februari, beliau melihat salah satu postingan teman di FB tentang resume dari kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu beliau belum kenal dengan  Om Jay dan kegiatan belajar menulis atau yang sering  disebut kuliah online WAG.

Bu Tere pun memberanikan diri untuk bertanya kepada Om Jay tentang cara untuk bisa ikut kegiatan belajar menulis, lalu akhirnya beliau bergabung dalam grup Belajar Menulis Gelombang 4. Setelah mendapatkan info bahwa malam nanti akan ada materi pertama tentang personal branding. Lalu Om Jay mendata semua peserta grup Belajar Menulis Gelombang 4 yang sudah memiliki blog. Tujuannya adalah agar setelah menerima materi dari narasumber, peserta membuat resume lalu dikirimkan ke email Om Jay dan diposting di blog masing - masing. Om Jay mengatakan bahwa dengan cara ini, kita bisa menebar banyak kebaikan melalui tulisan yang kita bagikan tersebut.

Bu Tere baru mengikuti model pelatihan melalui WAG dan merasa bingung ketika harus membuat resume, adapun saat itu beliau sendiri sudah memiliki blog. Saat itu alamatnya masih https://cikgutere.blogspot.com, blog ini sudah lama dibuat, dan diisi sekitar bulan Oktober setelah  termotivasi oleh seorang teman yang juga merupakan seorang blogger.

Bu Tere mencoba mencari informasi ttg resume. Cara membuatnya serta tips dan trik mudah membuat resume. Bahkan Om Jay sempat memberikan referensi cara membuat resume dari salah satu peserta pelatihan menulis gelombang sebelumnya.

Setelah materi berjalan beberapa kali, dan sesuai anjuran Om Jay untuk melakukan blog walking, beliau pun mulai menemukan style sendiri dalam menulis resume. Dari situlah akhirnya bu Tere merasa lebih percaya diri saat menulis resume.

Hal yang menjadi kebanggaan baginya sebagai blogger pemula adalah ketika resume yang diposting di blog, dibaca oleh orang lain bahkan diberikan komentar. Saat itulah beliau tertarik untuk memasang gadget statistik di laman blognya.

Ada beberapa blog yang ditunjukkan bu Tere untuk dipelajari oleh peserta pelatihan. Di antaranya yakni:

1.      https://idahbook2020.wordpress.com/2020/06/17/menulislah-tanpa-beban/

2.      Resume teranyak dikunjungi pembaca. 720 orang pembaca https://www.cikgutere.com/2020/04/semua-guru-bisa-jadi-gupres-ini-caranya.html?m=1




dari hasil pengalamannya, akhirnya bu Tere mendapat suatu motivasi untuk berprestasi. Baginya motivasi ada dua, yani untuk berbagi dan berprestasi

inilah resume yang dibuat bu Tere yang mendapatkan hadiah penghargaan

1.      Resume tercepat : https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html



4.      penghargaan sebagai blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.



Bu Tere dapat membuktikan perkataan Om Jay. "Menulislah setiap hari dan buktikan keajaibannya", dengan cara mengikuti tantangan dari Prof. Richardus Eko Indrajit untuk menulis buku dalam waktu seminggu. Setelah melewati proses bimbingan, dan penguatan dari Om Jay, buku karyanya yang berkolaborasi dengan Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yang merupakan salah satu penerbit mayor.

Atas dasar pengalamannya bu Tere berbagi ilmu tentang tips menulis resume ala Cikgu Tere.

1.      Menulis resume sesegera mungkin, selagi topik itu hangat. Tujuannya agar tidak semakin banyak uraian yg terlewat.

2.      Menulis resume sesuai dengan gaya menulis kita sendiri. Just be your self.

3.      Tangkap point penting materi dari narasumber, modifikasi dengan kalimat sendiri (jangan asal copas materi dari chat

4.      Gunakan pengantar yang menarik sebelum masuk di isi resume

5.      Gunakan heading dan sub heading agar resume terkesan lebih rapi tatanannya. Selain itu, penggunaan heading dan sub heading akan membantu pembaca memahami struktur tulisan.

6.      Tulislah resume dengan sepenuh hati. Bukan karena sekedar ingin mengerjakan tugas dari Om Jay. Ketika kita sudah menulis resume dengan  sepenuh hati, maka pasti kita akan melakukan effort yang lebih dari orang lain / blogger yang lain.

7.      Cari informasi terkait narasumber yang akan kita tulis materinya melalui resume. Semakin kita lengkap dalam memberikan gambaran narasumber, maka point kita akan menjadi lebih baik daripada peresume yang lain. Caranya : stalking akun medsos narasumber (FB, instagram, dll)

8.      Gunakan aplikasi atau alat - alat lain yang mendukung kita dalam menulis resume, misalnya jika ada narasumber yang memberikan materi melalui youtube, maka putar videonya di hp, sambil ketik resumenya. Atau jika ada narasumber yang  menyampaikan materi melalui voice note, gunakan aplikasi voice to text untuk  mengubahnya menjadi text.

9.      Lakukan blog walking untuk mencari informasi yang mungkin terlewat serta mencari inspirasi menulis.



Dari paparan materi dan  sesi tanya jawab, dapat diambil simpulan bahwa banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari menulis resume. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dengan  baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.



Semoga bermanfaat, salam literasi! (arumliterat.blogspot.com)

8 komentar:

  1. Keren bu, meski sibuk tetap aktif dan kreatif

    BalasHapus
  2. Keren bu, meski sibuk tetap aktif dan kreatif

    BalasHapus
  3. Cekgutere terindah resumenya terasa enak dibaca nyam-nyam bak ngemil mie goreng keren

    BalasHapus
  4. Keren Bunda...enak bacanya ..mengalir terus

    BalasHapus
  5. Tulisannya mengalir dan mantap walau segudang aktivitas. kantenan abd... meni lelet plus repot wae... hehe

    BalasHapus

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...