Rabu, 24 Juni 2020

Kepala sekolah Idaman


Resume Kuliah Menulis Online Pertemuan ke-11






Hari             : Rabut, 24 Juni 2020

Pukul           : 19.00  WIB – 21.00 WIB

Pemateri      : Dedi Dwitagama

Materi         : Mendokumentasikan Kegiatan melaui Blog

Penulis        : Arum Handayani







Sekilas mengenal sosok pemateri malam ini. Dedi Dwitagma adalah seorang Pendidik, Trainer, Nara Sumber dan Motivator bidang Pendidikan, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara dimuka Umum, Teknologi Informasi, Menulis Kreatif/Creative Writing, Pendidikan Karakter dan Komunikasi/TIK.

Bersinergi dengan beberapa lembaga internasional dan domestik. Aktif berorganisasi, dan segudang prestasi lainnya yang mewarnai karier beliau. Saat ini beliau mengajarkan matematika di SMKN 50 Jakarta. Menulis di blog sejak 2005. blog dokumentasi perjalanannya dari sabang hingga merauke dan beberapa  negara di dunia dapat dilihat pada link berikut http://trainerkita.wordpress.com

Sang Magister Sains Matematika Industri Jurusan Statistik – ITS Surabaya ini menyukai fotografi yang diunggah di istagramnya. Beliau juga penggemar youtube.

Menurut sang Magister Manajeman SDM STIE IPWI Jakarta yang lulus pada tahun 1998 ini, blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

 Blog pertamanya diawali tahun 2005,  masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com kemudian hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com. Lebih dari 4.100 artikel yang di tulis dari hasil ngeblognya selama 13 tahun. Ada sekitar dua juta kali dengan hampir 600.000 pengunjung.

Menurut Dedi, Manfaat blog adalah untuk mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun. Seperti keranjang yang saya titip di dunia maya.

Selanjutnya pendalam materi tentnag blog disampaikan melalui tanya jawab dari peserta pelatihan. Dari hasil tanya jawab tersebut dipeoleh pernyataan bahwa sejak  2007 wordpress muncul, seperti pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app-nya di android dan iphone.

Menulis bisa dilakukan kapan saja,  saat ide muncul, tulislah! Tak perlu diedit, langsung tayangkan saja. Usahakan makin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan, plus sering berkunjung ke blog teman sebagai pembanding. Balas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi menulis..

Supaya blog kita banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita.

Simpulan materi malam ini, manusia yang  baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain. Jika tulisan kita di blog dapat bemanfaat, maka itulah kebaikan yang sudah kita perbuat.  Menulis di blog mendokumentasika apa saja yang terlintas, setelah itu kita dapat menikmati hasilnya.

Semoga bermanfat. Salam Literasi

8 komentar:

  1. cakeeeep, terima kasih telah menuliskan nama saya dan menayangkan foto saya, smg bermanfaat, seru banget pesertanya .... pertanyaanya dahsyaaat

    BalasHapus
  2. Bu ketu mah percanteen pisaaaann

    BalasHapus
  3. Keren bu...ijin ikutan menuliskan detail pengantarnya ya...🙏

    BalasHapus

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...