Assalamualaikum.
w.w.
Puji
syukur ke hadirat Illahirobbi. Alhamdulillahirobbilalaamiin. Hari ini
kita masih diberi kesehatan jasmani dan rohani, sehingga masih diberi kesempatan
untuk dapat belajar walaupun dengan
jarak jauh. Tak lupa salam serta solawat semoga tercurah kepada Nabi besar, Muhammad Saw.
Anak-anakku
yang soleh, solehah, literat, dan bermartabat. Masa pandemi Covid-19 belum
berakhir! Mari kita tetap mawas diri, tetap menjaga protokol kesehatan. Gunakan
masker, selalu mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari droplet, dan yang
paling utama tetap berdoa mohon perlindungan pada Allah Swt.
Sebelum
masuk pada sesi pembelajaran, ada beberapa syarat yang harus kalian lakukan. Yakni:
1.
Melakukan
pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Hasil dari
membaca, buatlah review dengan
menggunakan salah satu teknik (Fishbone, AIH, Y-Chart, atau
infografis). Sangat disarankan agar membaca novel “Romantika Aisyah”. Jika
kesulitan menemukan novel tersebut, boleh membaca buku fiksi lainnya, dengan
syarat buku tersebut sudah divalidasi oleh guru atau wali kelas.
2.
Mengunduh
aplikasi PU-EBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada gawai masing-masing,
melalui playstore atau bisa lihat pada tautan link berikut ini: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf
3. Setelah
mengunduh PU-EBI, buka dan bacalah PU-EBI secara bertahap. (minimal sehari
dapat membaca 5 halaman, atau disesuaikan dengan kemampuan). Lebih cepat lebih
baik.
4. Setelah
dibaca semuanya, buatlah rangkuman/ringkasan. Ditulis tangan di buku tulis!
Dikerjakan perorangan, bukan kelompok. Tugas dikumpulkan pada pada tanggal 15
Agustus 2020.
Setelah
syarat-syarat itu dilakukan, kita akan mulai belajar menuntaskan beberapa Kompetensi
Dasar. Berikut adalah Kompetensi Dasar yang harus dikuasi peserta didik dalam
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX tahun pelajaran 2020-2021.
3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat
berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam
laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca
|
3.1
Menelaah
struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi
zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1
Menyajikan
tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan secara tulis dan lisan dengan memperhatikan
kelengkapan data, struktur, aspek
kebahasaan, dan aspek lisan
|
3.2
Mengidentifikasi
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang
didengar dan dibaca
4.2
Menyimpulkan
gagasan, pandangan, arahan, atau pesan
dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang didengar dan/atau dibaca
|
3.3
Menelaah struktur
dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang
permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3
Menuangkan
gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi
sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan
memperhatikan struktur dan kebahasaan.
|
3.4
Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks
cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.4
Menyimpulkan
unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita
pendek yang dibaca atau didengar
|
3.5
Menelaah struktur
dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.5
Mengungkapkan
pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan
struktur dan kebahasaan.
|
Penilaian
akan dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil.
Penilaian
proses diperoleh berdasarkan aktivitas
belajar secara daring dan luring, sedangkan penilaian hasil diperoleh berdasarkan
tugas-tugas dan uji kompetensi yang kalian kerjakan.
Salam merdeka belajar!
Tetap semangat! Lawan Covid-19 dengan ikhtiar dan berdoa.
Arum Handayani,M.Pd.
NIP 19690511
199003 2 003
Link bab 2 bu
BalasHapussilakan lihat tulisan lainnya di blog yang sama
Hapus