Minggu, 26 Juli 2020

Materi 2 Bahasa Indonesia IX ABCD


Assalamualaikum. w.w.
Puji syukur ke hadirat Illahirobbi. Alhamdulillahirobbilalaamiin. Hari ini kita masih diberi kesehatan jasmani dan rohani, sehingga masih diberi kesempatan untuk dapat  belajar walaupun dengan jarak jauh. Tak lupa salam serta solawat semoga tercurah kepada Nabi besar, Muhammad Saw.

Anak-anakku yang soleh, solehah, literat, dan bermartabat. Masa pandemi Covid-19 belum berakhir! Mari kita tetap mawas diri, tetap menjaga protokol kesehatan. Gunakan masker, selalu mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari droplet, dan yang paling utama tetap berdoa mohon perlindungan pada Allah Swt.

Sebelum masuk pada sesi pembelajaran, ada beberapa syarat yang harus kalian lakukan. Yakni:

1.      Melakukan pembiasaan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Hasil dari membaca,  buatlah review dengan menggunakan salah satu teknik (Fishbone, AIH, Y-Chart, atau infografis). Sangat disarankan agar membaca novel “Romantika Aisyah”. Jika kesulitan menemukan novel tersebut, boleh membaca buku fiksi lainnya, dengan syarat buku tersebut sudah divalidasi oleh guru atau wali kelas.

2.      Mengunduh aplikasi PU-EBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) pada gawai masing-masing, melalui playstore atau bisa lihat pada tautan link berikut ini: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf

3.  Setelah mengunduh PU-EBI, buka dan bacalah PU-EBI secara bertahap. (minimal sehari dapat membaca 5 halaman, atau disesuaikan dengan kemampuan). Lebih cepat lebih baik. 

4.   Setelah dibaca semuanya, buatlah rangkuman/ringkasan. Ditulis tangan di buku tulis! Dikerjakan perorangan, bukan kelompok. Tugas dikumpulkan pada pada tanggal 15 Agustus 2020.

Setelah syarat-syarat itu dilakukan, kita akan mulai belajar menuntaskan beberapa Kompetensi Dasar. Berikut adalah Kompetensi Dasar yang harus dikuasi peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX tahun pelajaran 2020-2021.
3.1  Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1  Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca

3.1    Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.1    Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

3.2    Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.2    Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca

3.3      Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3      Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

3.4      Mengidentifikasi  unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.4      Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar
3.5      Menelaah  struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.5      Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 68 (enam puluh delapan)
Penilaian akan dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil.
Penilaian proses diperoleh  berdasarkan aktivitas belajar secara daring dan luring, sedangkan penilaian hasil diperoleh berdasarkan tugas-tugas dan uji kompetensi yang kalian kerjakan.

Salam merdeka  belajar! Tetap semangat! Lawan Covid-19 dengan ikhtiar dan berdoa.


Arum Handayani,M.Pd.
NIP 19690511 199003 2 003


2 komentar:

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...