Senin, 20 Juli 2020

Materi Bahasa Indonesia kelas IX


Assalamualaikum, w.w.
Semoga anak-anakku yang soleh solehah, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat, aamiin ya Rabbal Alaamiin. Masa Pandemi Covid-19 belum berakhir Tetap  waspada, menjaga protokol kesehatan di mana pun berada. Selalu cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, menggunakan masker, dan jangan lupa selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah Swt.

Kepada siswa kelas IX A, B, C, dan D, khususnya, dan seluruh siswa SMPN 3 Subang CANTIK, sebelum masuk belajar secara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Mari kita melaksanakan dulu kegiatan literasi, pembiasaan membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai.  Sebagai salah satu alternatif buku bacaan yang dapat kalian baca, silakan baca buku “Romantika Aisyah” karya AH.

Khusus kepada siswa kelas IX A,B, C, dan D, ada tagihan yang harus kalian kerjakan, yaitu membuat resume atau review buku “Romantika Aisyah” dengan teknik (fishbone, AIH, Y-Chart, atau  infografis). Pilih salah satu teknik yang kalian kuasai. Tugas dikerjakan selama satu minggu sejak tugas ini kalian terima. Ditulis di kertas HVS, dikumpulkan hari Sabtu di meja ibu.

Berikut adalah kata pengantar dan daftar isi buku, untuk bab-bab selanjutnya silakan kalian lihat di (arumliterat.blogspot.com) atau https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2958245517807413694&useLegacyBlogger=true#allposts

Kata Pengantar

Sujud syukurku kepada Illahirobbi yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis telah rampung melahirkan goresan pena dalam sebuah novel yang berjudul “Romantika Aisyah”.
Terbersit dari lubuk hati yang mendalam, penulis ingin mengulas fenomena kehidupan klasik yang masih nampak dalam kehidupan nyata. Sebuah cerita yang kiranya dapat menginspirasi pembaca, terlebih para pelajar yang terbelit masalah ekonomi dalam keluarganya. Bagaimana meraih kesuksesan hidup di tengah cobaan kehidupan yang kian mencengkram?
Tidak sedikit anak-anak negeri ini yang nasibnya kurang beruntung. Mereka terkungkung oleh guratan nasib. Kemiskinan dan penderitaan hidup masih mewarnai roda kehidupan di negeri kita tercinta ini, Indonesia. Akankah kita berpangku tangan melihat fenomena kehidupan yang  tak selayaknya terjadi.
Novel ini hadir untuk mengedukasi anak-anak negeri agar selalu istiqomah dalam menjalani kehidupan. Menghormati dan menyayangi orang tua  dengan sepenuh hati adalah landasan untuk memperoleh keberkahan hidup. Selain itu, novel ini tersaji untuk memenuhi tantangan menulis  dari Komunitas  Guru Penulis Jawa barat (KGPJB).
Terima kasih kepada tim edwrite academy yang telah membimbing dan membantu saya dalam menyelesaikan novel ini. Terima kasih pula untuk KGBJB yang sudah memberikan peluang tantangan menulis untuk para guru. Melalui tantangan menulis inilah para guru terpacu untuk terus mengembangkan kreativitasnya dalam kepenulisan.
Semoga kehadiran novel ini dapat memberikan khasanah rasa yang menginspirasi pembaca untuk melakukan suatu aksi peduli pada anak-anak negeri yang kurang sentuhan kasih sayang orang tua.
Kesempurnaan hanya milik Allah semata. Kekurangan ada pada diri penulis yang tak kan pernah lelah berpetualang sebagai penulis.  Salam literasi!
Penulis
AH

DAFTAR ISI  
Bab 1
Abah Dimana?

Bab 2
Dasar Bocah

Bab 3
Bapak ...!

Bab 4
Prahara Keluarga

Bab 5
KDRT

Bab 6
Derita Aisyah

Bab 7
Harapan yang Kandas

Bab 8
Di Sebuah Pesta

Bab 9
Rindu Keluarga

Bab 10
Sutinah Pulang

Bab 11
Berkah Kecerdasan

Bab 12
Perjalanan ke Jakarta

Bab 13
Kejamnya Ibu Tiri

Bab 14
Melawan Kebathilan

Bab 15
Ancaman Hidup

Bab 16
Aisyah Pulang

Bab 17
Tragedi Angkot

Bab 18
Sinar Terang

Bab 19
Bisikan di Kereta

Bab 20
Pulang Kampung
                                                          



Semoga bermanfaat. Salam literasi! (arumliterat.blogspot.com)
Arum Handayani
Guru SMPN 3 Subang
Penulis novel “Tarian Sang Sinden” dan “ Romantika Aisyah”
Ketua Komunitas LISANGBIHWA (Literasi Subang Bihari dan Berwibawa)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat Berkah di SDN Karanganyar

  Masya Allah Tabarakallah, rezeki buat anak-anak soleh dan solehan siswa SDN Karanganyar. Hari ini, Jumat, 01 September 2023 ada seorang ha...